Awas Keliru! Gunakan 5 Tips Ini untuk Memilih Charger HP yang Bagus!

Posted on

Jangan salah pilih, sebagai pengguna Anda harus memperhatikan seperti apa charger HP yang bagus. Pasalnya, charger memiliki fungsi yang sangat penting, yakni untuk menurunkan voltase maupun arus listrik.

Dengan begitu, proses pengisian daya baterai Anda akan semakin aman. Bukan hanya itu, ukuran voltase maupun arus pada charger, juga mempengaruhi lamanya pengisian baterai.

Jika Anda pernah mengalami pengisian daya baterai penuh  membutuhkan waktu yang sangat lama, bisa jadi itu disebabkan karena ukuran voltase dan arus charger kurang sesuai.

Charger HP yang Bagus
Charger HP yang Bagus, Foto: nytimes.com

5 Tips Memilih Charger HP yang Bagus

Pastinya Anda tidak ingin bukan, membuang-buang waktu hanya untuk menunggu baterai HP terisi penuh? Padahal, HP tersebut harus segera Anda gunakan untuk bekerja, atau keperluan lainnya. Lihat tips berikut ini, untuk menyelesaikan masalah charger HP Anda!

1. Lihat Voltase

Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah besaran volt atau tegangan listriknya. Pada bagian adaptor charger, sudah tertera dengan jelas.

Jika standar Indonesia menggunakan 220V, maka Anda bisa membeli charger dengan adaptor 100V-240V. Ini kisaran yang paling aman untuk Anda gunakan pada tegangan listrik 220V.

2. Cek Frekuensi

Selain melihat voltase, yang tak kalah penting Anda harus memastikan juga frekuensinya. Frekuensi berdasarkan standar PLN kisaran 50-60 Hz.

Maka, charger HP yang bagus memiliki frekunesi 50-60 Hz. Jika pada charger tertera keterangan input 100-240V~50/60Hz, itu artinya charger tersebut dapat bekerja pada voltase 100-240Hz dengan frekuensi 50-60Hz. Inilah charger yang aman untuk Anda gunakan.

3. Cek Output

Bagaimana menerapkan cara ini untuk memastikan charger yang bagus? Pertama, silahkan Anda cek baterai HP terlebih dahulu.

Setiap baterai HP, selalu memiliki keterangan besaran voltase atau tegangan listrik yang masuk ke baterai. Setelah itu, cek pula berapa mAh baterai HP Anda.

Misalnya seperti ini, pada bagian adaptor charger tertulis output 5V. Artinya, 5V ini adalah output dari 220V dengan besaran arus listrik 2000mAh.

Sedangkan baterai HP Anda memiliki 3,7V-240 mAh. Maka, charger dengan 5V-2000mAh tersebut, bisa Anda gunakan.

Sebab, saat pengisian daya baterainya nanti dapat berlangsung dengan cepat. Penting untuk diingat, tidak selamanya faktor mAh ini menentukan kecepatan pengisian daya baterai.

Justru terkadang akan membuat HP menjadi lebih panas. Alhasil, umur baterai akan lebih pendek, tetapi tidak semua baterai demikian, ada juga yang tahan lama.

4. Pilih Charger dengan Merek Berkualitas

Charger HP yang bagus, merupakan besutan dari merek-merek berkualitas. Merek charger berkualitas ini bisa menyerupai charger bawaan HP Anda.

Sehingga, tidak akan berdampak buruk bagi HP Anda nanti. Berbicara merek charger berkualitas, pasti terlintas dibenak Anda seperti Samsung atau Apple.

Namun, merek charger ini juga sering dipalsukan. Daripada Anda tertipu dengan charger palsu, bisa memilih merek charger seperti Xiaomi, Robot, Vivan, dan merek lainnya.

Meskipun berada di urutan kedua, merek-merek charger ini tak kalah berkualitas dan jarang dipalsukan. Biasanya, charger dengan merek berkualitas memiliki harga yang cukup mahal. Anda juga bisa memastikan kualitas charger tersebut dengan melihat harganya.

5. Datang ke Service Center

Ada tips yang paling mudah untuk mendapatkan charger HP yang bagus. Anda cukup datang ke service center resmi merek HP Anda. Disana Anda dengan mudah mendapatkan charger yang sesuai, tanpa khawatir keliru.

Itulah tadi, 5 tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih charger HP yang bagus. Pastikan pilihan tepat agar HP Anda tidak cepat rusak!